AC Mati Hidup Penyebab dan Cara Jitu Mengatasi, Terbukti

Dailytips.id - AC Mati Hidup Penyebab dan Cara Jitu Mengatasi, Terbukti. Ac yang tiba-tiba mati dihidupkan dan mati lagi bisa membuat kita jengkel, apalagi suhu udara sangat panas, lalu apa penyebabknya dan bagaimana cara mengatasi? Dailytips kali ini akan meyoroti masalah Ac yang kadang mati hidup sendiri dan tidak kita inginkan.

Permasalahan Ac mati hidup termasuk masalah yang bukan lah permasalahan baru sebenarnya sudah lama ada namun kadang orang tidak tahu penyebabnya dan juga mengatasinya. Mungkin Anda bukan yang pertama kali mengalami ac yang kadang mati hidup, banyak dari sekian banyak pengguna Air Conditioner pasti juga pernah mendapatkan permasalahan yang sama.


AC Mati Hidup Penyebab dan Cara Jitu Mengatasi, Terbukti


Masalah ini juga terjadi bukan pada merk AC tertentu, namun bisa saja terjadi pada semua merk. Mulai dari merk LG hingga sampai panasonic eco smart pun pernah mengalami kerusakan mati hidup sendiri. Hal ini terbukti dari beberapa konsumen yang mengeluhkan AC tidak bisa dimatikan sehingga outdoor ( AC bagian luar ) nyala terus menerus.

Karena tidak tahu penyebabnya dan tidak tahu mengatsinya, akhirnya memanggil teknisi yang berarti mengeluarkan ongkos lagi, padaha beberapa masalah bisa kita atasi sendiri. Berikut penyebab Outdoor AC Sering Mati Hidup Sendiri

1. Fitur Timer Nyala
Penyebab pertama karena fitur timer tersebut nyala, entah kepencet atau memang sengaja dihidupkan kemudian lupa untuk mematikan. Kelihatannya sepele, namun jika kita tidak mengetahuinya dapat menyebabkan pusing kepala akibat AC mati dan hidup sendiri. Pastikan bahwa fitur tersebut pada posisi off, jika aktif biasanya di tandai dengan lampu timer di bagian indoor berkedip – kedip.

Cara mengatasi:

Jika ternyata memang betul ini akibat dari timer, maka matikan fitur tersebut dengan cara berikut ini.
Silahkan anda cabut stop kontak nya terlebih dahulu, tunggu sekitar 2 hingga 5 menit lalu colokan kembali. Setelah itu, lepas kedua baterai pada remote kemudian pasang kembali. Sekarang coba nyalakan AC, apabila memang hanya masalah timer saya pastikan masalah tersebut akan selesai dan AC anda akan normal kembali.

2. Thermistor AC Rusak atau Lemah
Thermistor ini merupakan koponen yang memiliki fungsi sebagai pengatur suhu otomatis pada sistem AC. Apabila alat ini tidak normal maka dapat menyebabkan kompresor AC mati hidup sendiri. Kalau pun memang ini penyebabnya ada di thermistor, sebenarnya kita dapat mengakalinya dengan menjauhkan thermise tersebut dari evaporator. Namun hal tersebut biasanya juga tidak akan tahan lama, hanya untuk sementara saja.
Solusi tepatnya kita harus menggantinya dengan yang baru.

3. Tekanan Refrigerant ( Freon ) Kurang
Penyebab yang ketiga yaitu karena tekanan freon AC tersebut kurang. Kurangnya freon ini bisa disebabkan karena beberapa hal, biasanya karena : Ada kebocoran halus pada pipa instalasi, evaporator, atau kondensor, Nepel kendor akibat getaran mesin, penyambungan pipa yang tidak sempurna.

Dalam kondisi normal untuk AC konvensional yang masih menggunakan jenis freon R22 seharusnya tekanan freon 75 hingga 90 PSI, sedangkan AC yang menggunakan freon R32 atau R410A ( Inverter ) 120 sampai 140 PSI. Tentunya ini juga harus disesuaikan berapa kekuatan ampere pada kompresor tersebut.

Untuk mengetahuinya kita harus menggunakan alat gauge manifold melalui nepel pengisian freon di bagian unit outdoor. Jika ternyata setelah anda cek freon tidak sampai pada tekanan yang saya sebutkan di atas, silahan lakukan penambahan gas freon dengan jenis yang sama dan jangan lupa untuk memperhatikan ampere.

Namun, jika tidak menunjukan adanya tekanan sama sekali, sudah pasti ada kebocoran yang harus di perbaiki. Dalam mencari kebocoran freon bisa dibilang gampang – gampang susah, terlebih jika instalasi pipa di tanam pada tembok.

Biasanya juga terdapat cairan seperti olie pada titik kebocoran, dan jika memungkinan kita juga bisa menggunakan alat Leak Detaktor. Alat tersebut khusus untuk mendeksi kebocoran refrigerant, penggunaannya juga mudah dan pastinya lebih efiesien untuk pekerjaan kita.

4. Switch On – Off tidak berfungsi dengan Normal
Terkadang kita tidak menyadarinya saat kita mengembalikan tutup indoor pada tempatnya, casing indoor tersebut menjepit bagian tombol on-off AC, sehingga hal tersebut mengakibatkan AC mati hidup dengan sendirinya. Masalah yang lain yaitu tombol tersebut sudah tidak berfungsi dengan normal. Misalnya kabel socketnya kendor, atau sensor dari AC itu sudah tidak renponsif.

5. PCB Modul Error

Apabila point 1-4 sudah Anda coba dan , kemudian tidak juga menemukan cara mengatasinya, kemungkinan besar itu dikarenakan error pada PCB Modul Kerusakan modul ini bisa disebabkan karena ada konsleting listrik. Seperti, tersambar petir setelah terjadi hujan deras disertai petir, maka gunakan panangkal petir disetiap sudut atap rumah anda.

Atau juga karena terkena tegangan rendah maupun tinggi. Anda bisa menggunakan stabilizer untuk mengantisipasi terjadi tegangan listrik yang tidak normal. Apabila seperti ini segera lakukan pengecekan pada modul tersebut, kemudian cari dimana yang konsleting tersebut terjadi.

Dekianlah artikel mengenai AC Mati Hidup Penyebab dan Cara Jitu Mengatasi, Terbukti. Apabila Anda menemukan masalah yang sama dengan C di rumah Anda, semoga ini juga bisa menjadi acuan referensi anda. Yang sedang mencari kebutuhan untuk tatakan gudang rumah bisa baca, pallet plastik dan jual pallet plastik.