C

2 Tips Belanja Online Tanpa Kartu Kredit dan Rekening

Dailytips.id - Belanja secara online sekarang ini sedang digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak muda sampai tua. Banyak faktor yang mempengaruhi sehingga mereka beralih ke belanja online, seperti tidak mau  terkena macet kemudian mudah dan istant tinggal tunggu di rumah. Hanya saja agar bisa belanja online  mensyaratkan pembeli memiliki kartu kredit atau rekeing. Berikut 2 tip tetap bisa Belanja Online meski belum memiliki rekening atau kartu kredit.

Saat ini masyarakat Indonesia menunjukkan perubahan perilaku yakni memilih bertransaksi online dibanding secara konvensional. Namu, data menunjukkan masih banyak masyarakat Indonesia yang kesulitan bertransaksi online karena tidak memiliki rekening bank, apalagi kartu kredit.
Sebagian besar ini dialami oleh para mahasiswa dan remaja usia karena belum semua dari mereka memiliki rekening dan akses pada kartu kredit. Padahal, produk impian mereka terkadang hanya tersedia secara online maupun berharga lebih murah dibandingkan di toko offline.

2 Tips Belanja Online Tanpa Kartu Kredit dan Rekening

1. Pilih Toko Online Yang Menerima Cash on Delivery (COD)
COD adalah layanan di mana konsumen dan penjual sepakat untuk melakukan pembayaran ketika barang yang dibelinya sudah sampai ke alamat pengiriman. Begitu barang sudah sampai ke alamat pengiriman, kamu bisa melihat dan memeriksa barangnya sesuai dengan yang diiklankan sebelum membayar.

Namun system COD ini juga memiliki kelemahan, yaitu COD tidak bisa melayani seluruh wilayah. Hal ini sudah jelas karena tidak mungkin barang dari Bandung diantarkan langsung ke rumahmu di Denpasar. Jadi, layanan COD ini biasanya terbatas pada area yang berdekatan dalam satu wilayah tertentu. Misalnya COD wilayah Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan sebagainya. Fasilitas COD ini juga berbeda-beda tergantung dari toko online di mana kamu bertransaksi.

Beberapa toko online di Indonesia seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Mataharimall, Elevenia memiliki label COD khusus pada produknya yang menandakan bahwa kamu bisa bayar di tempat. Sedangkan untuk Blibli.com, metode bayar di tempat ini hanya berlaku untuk produk yang bertanda “Dikirim oleh Blibli.com”. Sedangkan  JD.ID dan Zalora memiliki ketentuan COD untuk transaksi dengan nilai di bawah angka tertentu. Contohnya Zalora, maksimal pembelian barang hingga 2 juta rupiah.

Untuk mengetahui ketersediaan fasilitas COD ini, pastikan Anda terlebih dahulu mengecek kolom “Metode Pembayaran” yang biasanya terdapat pada bagian bawah halaman utama. Kamu bisa memilih metode COD ini pada halaman check out saat mau melakukan pembayaran, lalu klik pilihan “COD” untuk metode bayar di tempat. Anda pun bisa mengunakan cara ini saat membeli pallet plastik, harga pallet plastik murah terjangkau.

2. Belanja Online, Bayar di Minimarket (Alfamart, Indomaret, dll)
Tips yang kedua, Anda membayar belanja online anda di alfamart atau indomaret. Caranya mudah banget, Anda cukup memberitahu kode pembayaran kepada kasir Alfamart atau Indomaret dan memberikan sejumlah uang sesuai dengan nilai transaksi. Umumnya kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Metode pembayaran ini tentu menjadi alternatif bagi kamu yang ingin belanja tapi tidak memiliki rekening bank, kartu ATM, kartu kredit ataupun debit. Selain itu, metode pembayaran ini berlaku hingga 24 jam, sehingga kamu bisa lebih santai dan tidak dikejar waktu untuk melakukan pembayaran. Jika lebih dari 24 jam maka transaksimu akan dibatalkan secara otomatis. Sedikit berbeda, Bukalapak memberikan ketentuan maksimal pembayaran 10 jam.

Kini sudah banyak toko online yang menyiapkan fasilitas pembayaran melalui minimarket (Alfamart, Indomaret, Lawson, dll) seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli.com, dan JD.ID. Cukup dengan memilih metode pembayaran di ikon Alfamart/Indomaret saat mau check out, lalu tinggal klik saja tombol Bayar untuk menyelesaikan orderan dan mendapat

Disqus Comments

Latest in Sports