11 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman

Dailytips.id - Mudik lebaran adalah tradisi setiap tahun yang sudah lama di jalankan. Selain itu, pulang kampung saat liburan lebaran sangat tepat karena pas dengan libur Panjang sehingga memiliki waktu yang cukup bertemu dengan keluarga.

Semakin tahun jumlah pemudik semakin meningkat, demikian juga dengan jumlah kendaraan yang digunakan. Meskipun macet yang Panjang di jalan, namun bukan menjadi penghalang untuk mengurungkan rencana mudik.

11 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman


Agar perjalanan mudik anda aman, 11 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman berikuit akan membantu Anda selamat sampai di kampung halaman.

1. Periksa Kondisi tubuh

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah periksa kondisi tubuh Anda, lebih bagus lagi pergi ke dokter/puskesmas untuk memeriksakan kondisi tubuh Anda, jangan sampai baru sampai di tengah jalan Anda baru sadar kalau sedang sakit.

2. Daftar barang bawaan
Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum Anda mulai beberes. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

3. Cek kondisi kendaraan
Langkah kedua yang perlu Anda periksa adalah, cek kondisi kendaraan, ingat perjalanan Anda sangat jauh kadang bisa lebih dari 2 hari perjalanan, untuk itu cek kondisi kendaraan Anda. Sangat disarankan supaya membawa kendaraan yang akan digunakan untulk mudik ke bengkel resmi.

4. Cek perlengkapan kendaraan
Setelah kondisi kendaraan , tips ke tiga adalah memastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

5. Bawalah sparepart cadangan
Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda. Dan, ingat di sepanjang perjalanan Anda belum tentu ada bengkel.

6. Peta
Banyak perusahaan jasa atau institusi swasta menyediakan peta jalur mudik. Carilah informasi di mana Anda bisa mendapatkan peta itu. Biasanya, peta-peta yang dibuat khusus untuk mudik memuat sejumlah informasi yang dibutuhkan, seperti pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan. Baca peta dan informasi jalur mudik lebaran. Untuk yang online lihat di 4 aplikasi android pantau arus jalur mudik
 
7. Kotak  P3K
Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.

8. Hiburan
Jalan macet dan kendaraan behenti berjam-jam adalah pemandangan biasa saat mudik lebaranm. Ada baiknya Anda sudah menyiapkan barang-barang untuk menghibur Anda, seperti kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.

9. Layanan gratis otomotif
Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.

10. Baterai dan pulsa
Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.

11. Istirahat secukupnya saat perjalanan mudik
Tak hanya kendaraan Anda yang butuh istirahat, Anda pun butuh istirahat kalau sudah terlalu Lelah atau kecapaian, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam
Demikianlah 11 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman, semoga dapat memberikan sedikit refensi buat Anda yang mebutuhkan informasi berhubungan dengan mudik lebaran.