12 Penentu Keberhasilan Pelamar Saat Interview Pertama

Dailytips.id - 12 Penentu Keberhasilan Pelamar Saat Interview Pertama. Apakah Anda termasuk pelamar kerja yang beberapa kali dipanggil untuk mengikuti interview dan tes namun selalu gagal. Lalu, mengapa Anda sampai gagal menghadapi interview tersebut? Berikut 12 penentu yang bisa membawa keberhasilan Anda saat menghadapi interview.

Bagi pewawancara sebenarnya dalam 3-5 menit pertama itu sudah bisa menentukan dengan cepat apakah Anda akan lolos atau tidak dalam interview awal, setidaknya dari sisi karakter, sikap dan cara berkomunikasi.



12 Penentu Keberhasilan Pelamar Saat Interview Pertama

Jadi di interview pertama itulah sebenarnya yang sangat menentukan apakah Anda akan diterima perusahaan atau tidak. Berikut ada 11 point yang perlu Anda perhatikan kalau Anda ingin berhasil di tahap interview pertama.

1.Tunjukan Sikap Percaya Diri
Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang punya rasa percaya diri, ucapkan salam pembuka dengan mantap dan senyuman. Jabat tangan yang pewawancara dengan hangat dan tidak lembek, duduk dengan tegap dan santai, tatap mata pewawancara ketika berbicara.

2.Tunjukan Bahwa Anda Serius dengan Pekerjaan ini
Kandidat yang tidak menunjukan pola pikir dan komunikasi yang terstuktur, paling terlihat ketika diberi pertanyaan untuk menyelesaikan sebuah masalah besar, namun dia hanya memberikan penjelesan sekenanya tidak melalui proses yang terdengar masuk akal untuk dilakukan.

3.Pelajari profile perusahaan
Meskipun Anda baru melihat atau baru mengenal perusahaan yang Anda lamar, tetapi wajib bagi Anda untuk mengetahui profile dasar perusahaan. Bagaimana mungkin Anda akan diterima apabila Anda sendiri tidak tahu dimana perusahan yang Anda lamar.

4.Jawab Pertanyaan dengan Jujur
Kandidat yang mengaku bisa segalanya, namun ketika ditanya lebih detail dan dalam tidak bisa menunjukan kemampuannya. Atau lebih parah salah mengartikan sesuatu yang bersifat teknikal / pasti. Jujur dengan kemampuan Anda adalah hal terbaik yang bisa membuat Anda lolos dari interview.

5.Menunjukan sikap sombong
Kandidat yang sebenarnya memiliki kemampuan yang baik, namun merasa dia adalah segalanya, dia tidak menghargai tim dan merasa tidak memerlukan tim. Mungkin sudah waktunya bagi kandidat untuk membangun perusahaan sendiri?!

6.Anda adalah orang istimewa
Kandidat yang tidak mempunyai kemampuan khusus yang membedakan dengan kandidat lain. Jadi kenapa perusahaan harus memilih anda?! Tunjukan keistimewaan Anda saat interview.

7. Datang 30 menit sebelum interview
Alasan rumah jauh, macet, gak ada ojek, atau ojek datang terlambat? baru interview saja sudah telat?

8. Siapkan Pertanyaan
Kandidat yang tidak menyiapkan pertanyaan ke pewawancara mengenai pekerjaan dan perusahaan menunjukan mungkin dia tidak begitu tertarik sebenarnya atau tidak smart?!

9.Jangan menceritakan keburukan perusahaan dimana Anda pernah bekerja
Kandidat yang mengatakan hal-hal buruk terhadap perusahaan tempat dia bekerja sebelumnya. Mungkin nanti dia akan melakukan hal yang sama bukan?!

10.Pastikan pekerjaan yang Anda lamar Anda sukai dan Kuasai
Kandidat yang melamar sembarangan karena putus asa untuk mendapatkan pekerjaan, dia melamar pekerjaan yang sebenarnya tidak akan dia sukai, tolong jangan lakukan itu, lamarlah pekerjaan yang anda kuasai dan sukai. Biasanya perusahaan yang baik tidak akan memanggil interview jika backgroundnya tidak relevan, tetapi sesekali perusahaan bisa kecolongan.

11.Gunakan pakaian yang rapi dan bersih
Kandidat yang datang dengan pakaian yang kacau seolah menganggap interview hanya main-main.

12. Bau badan atau bau matahari yang berlebihan
Untuk yang satu ini, mungkin kasihan tim yang duduk disebelahnya nantinya, sadar diri saja, banyak cara untuk mengatasinya.

12 Penentu Keberhasilan Pelamar Saat Interview Pertama ini tentu saja juga didasarkan pada berbagai seumber serta pengalaman penulis saat mengikuti interview dan sekarang sering menjadi pewawancara. Perhatikan 12 point di atas kalau Anda ingin diterima di perusahaan yang Anda dambakan. Semoga berhasil. Baca juga 12 tips cara mudah menjawab pertanyaan jebakan interview.