Tips Mudah Cara Mengatasi CPU Fan Error Asus ! Press F1 to Resume

Dailytips.id - Tips Mudah Cara Mengatasi CPU Fan Error Asus ! Press F1 to Resume. Hari ini dialytips id akan memberikan tips seputar komputer. Apakah Anda pernah mengalami saat sedang banyak tugas dan target pekerjaan, tiba-tiba layar di monitor komputer yang akan Anda pakai muncul tulisan CPU Fan Error ! Press F1 to Resume. Setelah diresume komputer mati lagi. Mengapa terjadi seperti ini, lalu bagaimana cara mengatasinya?


Tips Mudah Cara Mengatasi CPU Fan Error Asus ! Press F1 to Resume

Pertama yang perlu Anda ketahui dengan tulisan “CPU Fan Error !” berarti ada masalah dengan fan atau kipas prosesor komputer Anda. Fan prosesor atau kipas yang dailytips maksud adalah fan/kipas pendingin yang menempel pada heatsink prosesor. Bukan kipas pada casing komputer yang membuang angin ke luar casing. Penyebab CPU Fan Error! biasanya disebabkan oleh putaran kipas prossesor yang rendah atau sama sekali tidak berputar. Untuk normalnya putaran kipas prossesor mencapai 3400-4000 rpm.

Ketika Anda menjumpai tulisan “CPU Fan Error Asus ! Press F1 to Resume” sebaiknya segera Anda tangani, atau lapor ke IT Anda jangan mengabaikan dengan menekan F1 dan masuk ke window. Kenapa demikian? Mari kita lihat akibat yang terjadi kalau Anda membiarkan Fan prosesor rusak dan tidak berputar secara normal.

Berikut adalah akibatnya jika kipas/fan prosesor komputer rusak mulai dari yang ringan sampai akibat yang paling fatal. Berikut penjelasannya.

1. Komputer sering restart sendiri
Salah satu fungsi kipas prosesor adalah mendinginkan prosesor, maka kalau kipas prosesor berputar terus menerus, tapi perputarannya sudah tidak cepat tidak mampu mendinginkan prosesor dengan baik. Akibatnya, prosesor yang digunakan untuk bekerja akan menjadi panas. Dan akibat panas itu, akan membuat sistem mainboard mematikan komputer secara otomatis dan kemudian menghidupkannya kembali.

2. Komputer mati sendiri setelah hidup beberapa menit
Komputer yang mati tidak akan hidup lagi secara otomatis. Biasanya, panas yang berlebih pada prosesorlah yang membuatnya seperti itu. Bahkan terkadang jika komputer sudah mati, tidak bisa langsung dihidupkan kecuali prosesor telah dingin kembali.

3. Komputer menjadi sering terkancing
Jika prosesor panas akibat kerusakan fan pendinginnya, maka saat digunakan biasanya komputer atau laptop sering tersendat, terkancing atau tiba-tiba berhenti. Yang jelas, saat komputer berhenti tidak bisa lagi digunakan kecuali dimatikan dan dihidupkan kembali. Mengapa begitu? Ya jelas, kan alat pemroses datanya menjadi panas. Otomatis dapat mempengaruhi kinerja dari sistem operasi itu sendiri.

4. Prosesor menjadi rusak
Jika kipas prosesor telah mati, kemudian Anda tetap memaksa menggunakan komputer Anda meskipun komputer tidak mati otomatis, maka akibatnya prosesor Anda bisa jadi rusak. Jika prosesor rusak, komputer atau laptop Anda pun menjadi blank tidak bisa menampilkan windows di monitor.

5. Komputer mati total
Mungkin ini adalah akibat paling buruk jika fan prosesor rusak, dan Anda tetap menggunakan komputer atau laptop Anda setiap hari, minggu atau bulan. Komputer Anda menjadi mati total selamanya akibat kerusakan parah pada komponen utama komputer seperti mainboard dan prosesor.

Setelah Anda tahu kalau ternyata tulisan di monitor “CPU Fan Error Asus !” ini pertanda bahwa fan prosesor bermasalah sebiknya Anda ganti dengan yang baru, berikut cara menganti Fan Prosesor komputer:
a. Buka penutup CPU lalu lihat lihat kipas/fan yang ada di atas prosesor.


Cara Mengatasi CPU Fan Error Asus ! Press F1 to Resume

b. Lalu buka Fan yang ada di atas prosesor, bersihkan debu-debu yang menempel di seputar Prosesor

Tips Mudah Cara Mengatasi CPU Fan Error Asus ! Press F1 to Resume

d. Ganti Fan prosesor lama yang bermasalah tadi dengan yang baru
Dari pengalaman dailytips.id , sebaiknya ganti fan ini dengan yang baru, harga juga tidak mahal dikisaran harga 100.000 - 200.000.


Cara Mengatasi CPU Fan Error Asus ! Press F1 to Resume

e. Pastikan bahwa Fan Prosesor yang baru sesuai dengan spesifikasi fan sebelumnya


Tips Mudah Cara Mengatasi CPU Fan Error Asus ! Press F1 to Resume

f. Pasang kembali, lalu nyalakan kembali komputer Anda.

Saat menghadapi CPU Fan Asus error kadamg ada yang memberi pelumas pada bagiian tengah Fan, menurut dailytips.id langkah ini kurang tetap setelah pelumas kerinmg atau habis, Fan akan mati lagi. Untuk itu langkah yang tepat adalah mengganti CPU Fan yang baru.