Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC

Dailytips.id - Cara Install, Cara Main Game Android di Komputer atau Laptop. Game android sekarang ini begitu popular, selain karena bayak jenisnya juga karena gratis didownload dan dimainkan. Cukup dengan seperangkat hp android plus koneksi internet Anda sudah bisa download dan bernain game android sepuasnya. Namun, kadang karena di hp android layarnya kecil dan navigasinya juga agak susah setiap kali main Anda kalah, karena si lawan main sudah lihai. Nah, jangan khawatir dailytips kali ini akan membagikan tips cara install dan main game android di computer pc atau laptop.

Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC


Game android memang banyak sekali jenisnnya Anda bisa memilih sepuasnya dan main game sepuasnya. Keterbatasan layar di hp atau smartphone dan juga mungkin spesifikasi hp anda yang kurang memadai bermain game di hp android kadang membuat anda menjadi kesal, gamenya bagus tapi hp sering hang  atau mungkin sebelum Anda kalag terus karena belum lihai menggunakan navigasi gamenya.

Nah, melalui tips yang dibagikan dailytips.id kali ini, Anda akan bisa menginstal game android dan bermain game android sepuasnya di laptop atau komputer PC Anda. Dengan tampilan layar yang cukup lebar di komputer pc dan sistem navigasi keyboard dan mouse, Anda akan semakin nyaman dan tentu saja memenangkan game android Anda. Bagaimana, Anda sudah tidak sabar lagi?.

Dengan membaca tips ini Anda akan mendapatkan 2 tips sekaligus, yaitu cara menginstal software atau program android di computer pC atau laptop dan cara install game android di PC atau laptop dan memainkannya.

Tahap pertama yang akan kita lakukan adalah, cara install operasi android di komputer atau di laptop.
Kali ini dailytips.id menggunakan software Phoenix OS, adalah sistem operasi Android yang dikembangkan khusus untuk perangkat komputer (PC). Pengembangan Phoenix OS sendiri berbasis pada proyek open source Androidx86, yang dirancang khusus agar bisa berjalan pada processor Intel dan AMD dengan arsitektur 32 bit maupun 64 bit.

Untuk mencoba instal software android ini dailytips.id menggunakan laptop window 7, dengan prosesor Core i-3 RAM 4 GM, 64 Bit. Proses instalasi Phoenix OS sangat mudah dan simple. Berkut langkah-langkahnya berikut ini:

1. Download Phoenix OS
Download Phoenix OS melalui website resminya pada halaman berikut: http://www.phoenixos.com/download_x86

Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC
Setelah halaman download terbuka, scroll ke bawah, kemudian pilih Exe Installer For Windows. Karena laptop dailytips 64 bit, maka kami pilih 64 bit, kalau laptop aau computer Anda 32 bit sebaiknya juga pilih 32 bit.

Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC
2. Pilih Exe Installer For Windows

Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC


3. Install Phoenix OS
Setelah didownload, jalankan Installer Phoenix OS. Klik tombol Install.
 
Tentukan lokasi dimana Phoenix OS kamu akan install, terserah boleh di partisi C, boleh juga di D. Intinya pilih drive yang tersedia di komputer kamu. Pastikan drive C atau D punya kapasitas free space hard disk yang cukup. Jika sudah, klik Next.
Pada tahap selanjutnya, kamu tentukan berapa kapasitas yang ingin dialokasikan untuk menginstall Phoenix OS. Jika kamu ingin menginstall banyak game dan aplikasi, sebaiknya pilih setidaknya minimal 8 GB.

Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC


Perlu diingat, kapasitas hard disk Anda nantinya akan berkurang 8 GB untuk digunakan sebagai penyimpanan data dari Phoenix OS. Jadi pastikan hard disk punya free space yang cukup. Setelah itu tunggu proses instalasi sampai selesai. Proses instalasi ini memakan waktu beberapa menit. Tapi juga tidak terlalu lama.

Jika proses instalasi selesai, akan muncul window dialog yang berisi informasi lokasi dimana Phoenix OS telah di-install. Pada contoh ini, kami menginstallnya pada drive C, sehingga lokasi folder instalasi dari Phoenix OS berada di “C:\PhoenixOS”.

4. Restart Komputer, Untuk Masuk ke Phoenix OS
Setelah melalui tahap-tahap di atas, sekarang Phoenix OS sudah berhasil di install. Sekarang restart komputer Anda untuk mulai masuk ke Phoenix OS. Nanti secara otomatis pada saat booting akan ada dua pilihan. Pilih Phoenix OS. Seperti ini tampilan OS android di laptop.Tunggu beberapa saat, Phoenix OS sedang mempersiapkan proses setup.

Selanjutnya akan muncul welcome screen. Klik untuk mengubah bahasa default-nya dari Chinese ke English (United States). Kemudian klik Next. Pada bagian User License Agreement, klik Accept untuk menyetujui ketentuan layanan dari Phoenix OS. Selanjutnya buat nama profil untuk komputer Anda. Jika sudah klik Finish.

Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC

Seperti inilah tampilan desktop dari Pheonix OS. Sekilas memang mirip dengan Windows 10 atau beberapa varian Linux modern. Namun sejatinya ini adalah sistem operasi Android yang biasa kita temukan pada perangkat smartphone.

Cara Main Game Android di Laptop dengan Phoenix OS

Untuk bisa bermain game android Anda perlu menginstal game-game Android terlebih dahulu yang Anda dapat dari Playstore, caranya:

Caranya:
1. Buka start menu, klik tanda titik ke dua, kemudian pilih Playstore.
Karena baru pertama kali menginstall Phoenix OS, kita perlu login terlebih dahulu ke akun Google. Silahkan login ke akun Google kamu.

Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC


Setelah berhasil login, maka aplikasi Playstore akan terbuka. Kamu sudah bisa menginstall berbagai aplikasi dan game melalui Playstore. Beberapa game android yang telah dicoba dailytips.id dan juga menjalankannya antara lain:

Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC


Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC


Game PURG Mobile

 
Cara Install | Cara Main Game Android di Laptop | Komputer PC

Standoff 2



Khusus untuk game yang memerlukan beberapa controller seperti PURG Mobile dan Standoff 2 ini, perlu ada penyesuaikan tombol di keyboard. Karena tombol-tombolnya ditujukan untuk layar sentuh, maka kita harus mengubahnya terlebih dahulu untuk bisa digunakan pada keyboard.

Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan Key Mapping yang memang sudah disediakan oleh Phoenix OS. Untuk mengaktifkan fitur Key Mapping pada game, caranya, bisa diatur melalui aplikasi Key Mapping. Buka Start menu > Klik icon titik ke dua > pilih Key Mapping.  Setelah aplikasi Key Mapping terbuka, klik icon tanda +, dan tambahkan game-nya.

Silahkan atur sendiri shortcutnya sesuai keinginan. Untuk menambahkan shortcut klik tombol +Add. Untuk menghapus klik tombol X silang. Jika sudah diatur, klik tombol Save untuk menyimpan perubahan. Silahkan coba mainkan dengan menggunakan full keyboard.

Itulah beberapa cara meninstall dan main game android di komputer atau laptop. Untuk kali ini dailytips.id menggunakan Phoenix OS. Anda tidak perlu kawatir kalau menginstal software ini Window Anda akan bermasalah. Karen 2 sofware ini sampai sejauh ini bisa berjalan di satu laptop tanpa ada masalah. Semoga tips yang dailytips sajikan kali ini bermanfaat. Dan selamat berman game android di PC komputer atau laptop Anda.