Inilah 4 Tips Mudah Memelihara Stok Barang Dagangan di Gudang

Dailytips.id - Usaha Anda semakin lama semakin berkembang pesat, setiap hari ratusan barang dagangan Anda kirim ke customer. Sudah waktunya kalau Anda memiliki ruangan sendiri untuk menyimpan stok barang-barang dagangan Anda, atau sebuah gudang. Dengan Adanya gudang  sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang diperlukan oleh pabrik Anda, maka akan lebih efisiensi waktu dan biaya untuk kegiatan produksi anda.

Gudang menjadi hal yang wajib diadakan, selain untuk menyimpan stok barang dagangan juga untuk menyimpan stok bahan baku sebelum mulai masuk di produksi. Anda pun bisa memulai membuat gudang dengan memanfaatkan lahan berlebih di pekarangan toko ataupun usaha anda, tak ada salahnya untuk memanfaaatkannya menjadi sebuah ruangan penyimpanan barang-barang, yaitu sebuah gudang.

Alternatif kedua, adalah dengan meyewa tempat khusus diluar pabrik Anda untuk digunakan sebagai gudang, atau meyewa pergudangan, apalagi sekarang ini banyak yang memiliki jasa sewa gudang. Dengan sewa gudang tentu Anda tidak perlu repot lagi masalah tenaga kerjanya, sistem pemeliharannya barang yang ada di gudang.


Inilah 4 Tips Mudah Memelihara Stok Barang Dagangan di Gudang

Sebelum Anda mulai memutuskan apakah membuat gudang sendiri atau menyewa gudang, ada baiknya memperhatikan 4 tips mudah memelihara stok barang di gudang.

1. Kelembaban Gudang Harus Terjaga.
Meskipun barang stok atau dagangan Anda adalah sebuah benda mati, namun kita tetap memperlakukannya sebagai barang berharga yang tetap dijaga kualitasnya. Baik itu barang sebagai bahan baku maupun barang dagangan yang akan dikirim ke customer sifatnya di gudang tersebut sementara. Anda tentunya tidak ingin setiap barang stok usaha anda yang disimpan di gudang atau tempat penyimpanan, menjadi rusak dan tidak layak pakai lagi akibat suhu ruangan yang lembap.

Kelembaban biasanya menjadi musuh besar barang dagangan maupaun stok bahan baku. Dalam posisi lembab barang dagangan dan bahan baku Anda akan mudah rusak sehingga tidak layak lagi menjadi bahan prosuksi atau dikirim ke customer.

2. Menjauhkan Gudang dari Binatang dan Hama
Setelah kelembaban, faktor kedua yang kadang mengganggu stok barang dagangan Anda di gudang adalah binatang dan hama. Kecoa, rayap, tikus, dan rayap dan binatang lainnya adalah binatang yang sering menjadi penghuni gudang dapat merusak kualitas dari barang yang anda simpan. Dengan menjaga suasana gudang menjadi lebih sejuk dan mendapat sinar matahari yang cukup, maka kecoa dan rayap akan pergi menghilang.

3. Gunakan Rak Khusus Untuk Penyimpanan Barang
Bahan baku dan stok barang dagangan yang Anda simpan di gudang sifatnya dinamis artinya bisa berpindah atau berkurang setiap saat, karena sifat gudang Anda adalah tempat penyimpanan dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, dibutuhkan rak khusus yang bisa digunakan untuk menyimpan barang dagangan tersebut. Rak ini juga akan memudahkan proses keluar masuknya barang dari gudang.

4. Menggunakan Pallet Plastik Untuk Menyimpan Barang.
Untuk menata barang di rak gudang gunakanlah pallet plastik sebagai alasnya. Kenapa pallet plastik, dan bukan pallet lainnya. Dari segi harga lebih terjangkau dan pallet plastik tahan terhadap air, rayap dan serangga lainnya. Dengan menyusun bahan baku dan stok barang dagangan Anda dengan pallet plastik, barang Anda mudah ditata dan dipindahkan, dan barang juga tidak rusak saat diangkat menggunakan hand pallet atau forklift.

Pastikan memilih pallet plastik yang tepat sesuai kebutuhan anda, untuk mendapatkan berbagai jenis pallet yang berkualitas, anda bisa langsung cek www.rajapallet.com, salah satu distributor pallet plastik di Indonesia, yang menjual Palet Plastik berkualitas, dengan harga pallet plastik murah terjangkau.