4 Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek

Dailytips.id – Saldo Jamsostek atau bpjs ketenagakerjaan (bpjs tk) Anda sekerang sudah bisa bisa dicek dengan mudah secara online atau melalui fasilitas elektronik tanpa datang datang langsung ke kantor bpjs ketenagakerjaan setempat. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS TK untuk mengeceknya, buang-buang waktu bukan. Lalu bagaimana caranya? Simak terus artikel ini.

BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulu lebih dikenal dengan nama Jaminan sosial tenaga kerja (JAMSOSTEK) merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk memberikan jaminan sosial ekonomi kepada setiap tenaga kerja di indonesia atas resiko tak terduga yang mungkin dialami oleh tenaga kerja yang bersangkutan.

Program yang diselenggarakan oleh BPJS TK saat ini pun merupakan program peralihan dari program-program jamsostek sebelumnya, yang meliputi :
•    JHT (Jaminan Hari tua)
•    JKM (Jaminan kematian)
•    JP (Jaminan Pensiun)
•    JKK (Jaminan kecelakaan kerja)
Sedangkan untuk Program JPK (Jaminan pelayanan kesehatan) yang sebelumnya dimiliki oleh jamsostek sekarang sudah dilebur menjadi bpjs kesehatan. Untuk melihat saldo jamsostek / bpjs tk, peserta dapat menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak bpjs baik secara online maupun offline.

Cara Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK)
Pengecekan saldo jamsostek sebenarnya sangat mudah dan berikut beberapa cara mudah yang bisa memberikan alternatif cek saldo jamsotek yang bisa anda coba diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cek saldo jamsotek secara Online.

Untuk mengecek saldo jamsostek/bpjstk anda bisa mengunjung halaman login di website resmi BPJS Ketenagakerjaan dengan alamat (https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs)


4 Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek

Lalu anda bisa login dengan menggunakan Email dan PIN yang anda miliki sesuai dengan data registrasi bpjs tk anda. Setelah masuk anda akan disajikan menu untuk Cek saldo JHT.

2. Cek saldo bpjs menggunakan aplikasi mobile.

Pengguna android atau ios bisa download aplikasi BPJSTK Mobile di playstore atau apps store secara gratis, kemudian registrasi dan menggunakan aplikasi tersebut untuk pengecekan saldo dan fitur lainnya.

3. Anda juga bisa Cek Saldo JHT Via SMS
Sebelum mengaktifkan layanan sms. Peserta BPJS Ketenagakerjaan harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan format Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(Bila ada).

Kirim ke 2725.
Baca: Warga Berpenghasilan Rendah Bisa Beli Rumah, Ini Syarat Pengajuan KPR BPJS Ketenagakerjaan

Setelah terdaftar, peserta dapat cek saldo dengan format SALDO(spasi)NO_PESERTA kirim ke 2757.
Dan SALDO(spasi)TK#NO_PESERTA kirim ke 2757 untuk cek status kepesertaan.


4. Cek Saldo JHT Via ATM
Cara ini bisa dilakukan khusus bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi nasabah BNI ( Bank Negara Indonesia ) Peserta bisa cek saldo JHT di mesin ATM BNI kapan saja , namun tidak bisa untuk mencairkannya di mesin ATM tersebut.

Jika tidak dilakukan amalgamasi, maka saldo yang terlihat hanya saldo diperusahaan terakhir. Proses amalgamasi dilakukan di kantor Cabang terdaftar dengan menunjukan Kartu Asli, Identitas asli, Kartu Keluarga asli dan Surat Keterangan Bekerja asli.

Bagaimana apakah 4 Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek ini bisa membantu Anda? Bilamana penjelasan tersebut belum dipahami, silakan datang ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.Yang mencari bahan tatakan gudang berupa pallet, baca harga pallet plastik