News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Mengoptimalkan Linkedin Untuk Mencari dan Melamar Kerja

Cara Mengoptimalkan Linkedin Untuk Mencari dan Melamar Kerja

Dailytips.id - Cara Mengoptimalkan Linkedin, Untuk Mencari dan Melamar Kerja. Kalau saat ini Anda sedang mencari bagaimana cara menggunakan linkedin untuk mencari lowongan kerja dan juga untuk melamar kerja, Anda masuk di situs yang tepat. Dailytips id kali ini akan membeberkan cara mengoptimalkan linkedin untuk membantu mendapatkan pekerjaan yang Anda dambakan.

Cara Mengoptimalkan Linkedin Untuk Mencari dan Melamar Kerja

Pengertian LinkedIn

Menurut Wikipedia, LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai April 2018 Linkedin menyatakan memiliki lebih dari 546 juta pengguna di lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Web jaringan sosial ini memang dibuat untuk komunitas bisnis dan gratis untuk mendaftar menjadi anggota. Setiap anggota likedin yang terdaftar memungkinkan membangun serta mengabadikan koneksi terhadap orang-orang yang sudah dikenal dan dipercaya secara profesional.

Fitur profile yang ada di Linkedin bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan diri melalui riwayat pendidikan, pekerjaan serta keterampilan, mendeskripsikan jobdesk dari pekerjaan Anda. Hal ini sangat berguna bagi recruiter untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mu.

Kegunaan LinkedIn Untuk Pekerjaan

Membuat dan Membangun Profil yang Profesional
Setelah daftar Anda bisa memulainya dengan mengisi secara lengkap halaman profil mu, mulai dari data diri, foto, riwayat pendidikan, pekerjaan, keterampilan hingga melampirkan Curriculum Vitae.

1. Memperluas Jaringan
Kegunaan LinkedIn terkait dengan pekerjaan adalah untuk memperluas jaringan atau koneksi. Anda bisa memanfaatkan LinkedIn untuk berinteraksi dengan banyak orang dengan menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan ketertarikan atau pun bidang kerja.

2. Mendapatkan Informasi Terbaru tentang Pekerjaan
Karena linkedin dibuat untuk tujuan komunitas bisnis, maka di halaman utama orang-orang tak jarang memberikan informasi terbaru tentang suatu hal, termasuk informasi tentang lowongan pekerjaan.

3. Mempermudah Mencari dan Melamar Pekerjaan
Linkedin memiliki fitur search jobs yang bisa digunakan dengan mudah, dengan satu kali klik, sederat lowngan kerja terbaru langsung bisa Anda temukan, mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar dan ternama.

Dengan fitur-fitur yang disediakan ini pun saat melamar kerja Anda cukup klik apply.Karena, lamaran mu akan langsung tersambung dengan akun LinkedIn mu yang sudah memiliki data diri lengkap.

4. Membuka Peluang Direkrut Perusahaan

Sebagian besar pengguna LinkedIn adalah perusahaan-perusahaan eksekutif besar, seperti 6 PT dengan gaji terbesar di kerrawang, 20 daftar perusahaan besar di Cikarang pasti juga ada di Linkedin.  Mudahnya akses untuk mengetahui data profesional seseorang, membuat para eksekutif memanfaatkan hal ini sebagai sarana untuk merekrut seseorang.

Kelebihan dan Kekurangan Linkedin

Sebagai salah satu platform yang bisa digunakan untuk mencari kerja, LinkedIn juga memiliki kelebihan dan kekurangan, Apakah itu?  Berikut  adalah kelebihan dan kekurangan LinkedIn yang perlu Anda ketahui:

Kelebihan LinkedIn

  • Dapat membantu meningkatkan profil SEO untuk bisnis kecil
  • Dapat memberikan informasi up-to-date terhadap tren di suatu industri
  • Usaha jaringan yang hemat biaya jika menggunakan LinkedIn for Business
  • Mengetahui informasi secara spesifik tentang pelanggan atau pun segmen industri
  • Informasi perusahaan dapat diteliti hingga ke dasarnya.

Kekurangan LinkedIn

  • Mendapat banyak spam
  • Keahlian yang tercantum bukan jaminan seseorang ahli dalam suatu bidang
  • Butuh investasi waktu yang besar di awal
  • Membutuhkan biaya yang mahal untuk merubah akun ke premium

Cara Mendapatkan Kerja Lewat LinkedIn

Untuk bisa menggunakan LinkedIn sebagai sarana untuk mendapatkan pekerjaan, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun.


cara daftar di linkedin

Langkah daftar akun LinkedIn adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman pendaftaran LinkedIn di https://www.linkedin.com/reg/join
  2. Ketik nama depan dan nama belakang, alamat email, dan kata sandi yang akan Anda gunakan.
  3. Anda harus menggunakan nama asli ketika membuat profil LinkedIn.
  4. Isi semua data diri, mulai dari pengalaman bekerja, latar belakang pendidikan, hingga keahlian secara lengkap. Hal ini memudahkan perusahaan mengetahui kepribadian serta kemampuan Anda.

Setelah terdaftar, Anda perlu memperhatikan dan menyeting akun Anda dengan optimal, sehingga memiliki daya pikat terhada perusahaan yang akan merekrut Anda.

1. Profil dan informasi konsisten
Pastikan semua informasi yang kamu tuliskan pada profil merupakan informasi yang konsisten, jelas dan benar adanya. Tidak hanya di LinkedIn, tetapi juga di media sosial atau pun situs portfolio mu yang lainnya. Sebab, recruiter dapat mendeteksi kebohongan yang ada di Curriculum Vitae (CV) mu.

2. Mengubah Headline
Headline atau jabatan yang tertera di bagian bawah nama mu nantinya akan membuat mu mudah diidentifikasi oleh para recruiter. Maka dari itu, kamu perlu mengisinya sesuai dengan posisi yang kamu incar atau pun yang sedang kamu jabat saat ini.

3. Membuat elevator pitch
Elevator pitch merupakan rangkuman yang berisi pengalaman dan latar belakang mu. Adanya elevator pitch bertujuan untuk mempersuasi seseorang, dalam hal ini adalah recruiter.

Untuk membuat elevator pitch sangat mudah, kamu bisa mengisinya di kolom bagian Summary profil mu. Ada tiga pertanyaan yang bisa kamu jadikan panduan dalam membuat elevator pitch, di antaranya yaitu:

  • Apa saja value yang bisa kamu berikan untuk perusahaan?
  • Apa yang membuatmu berbeda?
  • Menuliskan kata kunci yang relevan agar profilmu mudah ditemui recruiter

4. Mencantumkan portfolio atau pun website
Cantumkan portofolio ataupun website di profil mu, karena hl tersebut akan menjadi salah satu daya tarik dan nilai lebih mu yang akan dilihat oleh recruiter.

5. Mengumpulkan endorsement
Mengumpulkan endorsement menjadi salah satu cara mendapatkan kerja lewat LinkedIn, yaitu dengan cara meminta endorsement skill yang relevan kepada teman, atasan bahkan klien mu.
Dengan begitu, recruiter akan merasa yakin dengan kemampuan yang kamu miliki.

6. Mengubah pengaturan profil
Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, kamu bisa mengaktifkan pengaturan untuk memberi tahu para recruiter bahwa kamu terbuka dengan peluang pekerjaan baru. Cara mengaktifka fitur yang satu ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.
Pilih Account > Settings & Privacy > Job Seeking Preferences

7. Selalu perbarui profil
Pastikan bahwa kamu selalu memperbarui profil LinkedIn mu, apabila memiliki pengalaman kerja, pelatihan atau pun pencapaian yang baru kamu dapatkan.

Cara Mencari Pekerjaan di LinkedIn 

Setelah melakukan penyetingan profile, selanjutnya Anda bisa mencari pekerjaan di LinkedIn. Cara mencari pekerjaan di LinkedIn bisa dilakukan lewat kolom pencarian pada bagian atas halaman utama.

Anda pun bisa menyesuaikan lokasi bekerja, jenis industri, serta jenis pekerjaan sesuai dengan yang Anda minati.

Berikut adalah rincian cara mencari pekerjaan di LinkedIn dikutip dari laman resmi LinkedIn:

  • Klik ikon 'Jobs' di bagian atas halaman utama LinkedIn
  • Klik kolom 'Search jobs' dan masukkan kata kunci atau nama perusahaan. Anda juga bisa memilih peran pekerjaan yang disarankan LinkedIn sesuai dengan kualifikasi Anda setelah memperbarui profil.
  • Masukkan lokasi pekerjaan yang Anda inginkan di kolom Cari lokasi dan klik Cari.
  • Gunakan opsi filter di bagian atas halaman hasil pencarian untuk memfilter hasil sesuai dengan preferensi Anda Anda akan mendapatkan banyak lowongan kerja sesuai dengan preferensi dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Melamar Kerja Lewat LinkedIn

Setelah menamukan lowongan pekerjaan yang ditawarkan, sekarang saatnya melamar kerja lewat LinkedIn.

Pada lowongan kerja yang Anda buka ketika mencari lowongan pekerjaan, Anda akan mendapatkan tombol 'Easy Apply' atau 'Apply'. Melalui 'Easy Apply', Anda bisa melakukan proses melamar kerja langsung lewat LinkedIn. Sementara, lewat 'Apply', Anda akan diarahkan ke website perusahaan tersebut atau pihak ketiga untuk melamar pekerjaan di luar website LinkedIn. 

Secara lebih rinci, berikut adalah cara melamar kerja lewat LinkedIn melalui fitur 'Easy Apply':

a.Klik pada posisi pekerjaan untuk melihat detail.
b.Klik tombol Easy Apply/Apply Now di bagian atas.
c.Masukkan informasi yang diperlukan di layar popup.
d.Klik Tinjau untuk meninjau lamaran.
e.Klik Kirim aplikasi.

Setelah Anda melamar kerja lewat LinkedIn, orang yang mengunggah lowongan kerja akan bisa melihat surat lamaran Anda. Bila Anda melamar melalui fitur 'Easy Apply', Anda akan mendapatkan update dan notifikasi yang memberitahu apakah orang yang mengunggah pekerjaan telah melihat dan mendownload resume yang Anda masukkan dalam lamaran.

Setelah itu, proses selanjutnya akan tergantung pada pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja. Mudah bukan?

Nah, demikian tadi Cara Mengoptimalkan Linkedin, Untuk Mencari dan Melamar Kerja. Kami juga menjelaskan apa itu linkedin,  kegunaanya  serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini bermanfaat  terutama bagi pengunjung yang sedang mencari dan ingin melamar pekerjaan.


Tags

Newsletter Signup

Masukkan alamat email Anda dan klik subscribe untuk selalu mendapatkan informasi terbaru dari dailytips.id.