C

Tips Rahasia Cara Menyimpan Beras agar Bebas Kutu dan Jamur

Dailytips.id - Tips Rahasia Cara Menyimpan Beras agar Bebas Kutu dan Jamur. Mungkin Anda beberapa kali kesal karena beras yang Anda simpan belum lama sudah terdapat kutu dan jamur. Beras juga menjadi berbau dan kekuningan. Nah, kali ini  dailytips.id mau membagikan rahasia, tips Cara Menyimpan Beras agar Bebas Kutu dan Jamur.

Perlu Anda ketahui bahwa  semua beras  baik beras curah yang murah maupun beras premiun dalam kemasan yang mahal harganya jika tak tepat cara menyimpannya bisa menurunkan kualitas beras, dan akan menjadi sarang kutu dan jamur. Jadi, beras yang Anda beli dengan harga mahal pasti anti jamur dan kutu.
Tips Rahasia Cara Menyimpan Beras agar Bebas Kutu dan Jamur

Berikut tips rahasia agar beras anda bebas kutu dan jamur
  1. Jemur beras di tempat yang panas, Anda bisa menempatkan beras di dalam wadah yang bisa menghantarkan panas seperti seng dan stainless, sehingga benar-benar kering.
  2. Setelah kering masukkan dikantong beras berbahan plastic, lebih baik hindari penggunaan kantong berbahan selain plastic.
  3. Pastikan kantong  Anda tutup dengan rapat, tak ada yang bocor. Jika tak ditutup, beras akan menyerap air yang menimbulkan jamur yang ditandai dengan beras menggumpal.
  4. Setelah tertutup rapat, gunakan pallet plastik sebagai tatakan bawah beras, hindari menyimpan beras yang langsung ditumpuk tanpa ada alas di bawahnya.  Pallet plastik ini akan membantu menjaga agar berat tetap kering dan tidak lembab. Karena pallet plastik tidak mengandung air dan meyerap air.
  5. Pastikan bahwa beras disimpan dalam ruagan atau gudang yang kondisinya tidak lembab.
Perlu kita ketahui bahwa, idealnya kadar air dalam beras adalah 14 persen. Jika beras disimpan dalam kondisi terbuka dan daerahnya lembap, memicu kadar air dalam beras meningkat. Hal tersebutlah yang menyebabkan jamur datang.

Kebiasaan salah yang biasanya dilakukan saat menyimpan di gudang adalah membiarkan beras saat disimpan tidak mengunakan alas/tatakan kalau pun diberi tatakan terbuat dari kayu. Apakah Anda yakin bahwa kayu tersebut benar-benar kering dan tidak mengandung air sehingga bisa membuat beras menjadi lembab. Untuk itu gunakanlah pallet plastik, yang belum tahu pallet plastik silakan lihat di apa itu pallet plastik, yang jual bisa lihat di jual pallet plastik dan haga di harga pallet plastik.

Semoga Rahasia Cara Menyimpan Beras agar Bebas Kutu dan Jamur ini bermanfaat. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silakan share/bagikan kepada saudara-sudara Anda melalui sosmed atau soaial media lainnya. Semoga bermanfaat

Disqus Comments

Latest in Sports